Pertanyaannya, benarkan membuka butik
milik pribadi itu menyenangkan? Satu sisi, menyalurkan hobby mendesain
dan peluang mendapatkan penghasilan dari butik tersebut bukan hanya
menyenangkan tetapi juga memberikan kepuasan yang tidak terukur, tetapi
di sisi lain, ketika butik tersebut bukan memberikan pemasukan tetapi
justru banyak menyerap uang pribadi untuk operasionalnya, tentu ini
menjadi sebuah masalah serius.
Untuk itu, sebelum Anda memutuskan
memulai usaha butik, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dengan
jelas. Beberapa hal tersebut adalah:
1. Pengetahuan Anda tentang calon
pembeli dan kondisi pasar dengan produk sejenis. Jika Anda buta kekuatan
calon competitor serta Anda kurang informasi tentang pasar, maka
sebaiknya Anda mempelajari hal-hal tersebut lebih dalam lagi dan menunda
bisnis baju butik Anda.
2. Anda harus mengetahui segmentasi
pasar Anda sendiri. Pemakai baju butik adalah orang-orang dengan
kekhususan selera. Mereka bukanlah orang-orang yang cukup puas dengan
baju berlabel di toko-toko terkemuka dengan harga mahal. Buat mereka,
harga mahal bukan jaminan, akan tetapi keistimewaan desain adalah yang
utama. Anda juga harus menentukan, di pasar mana baju butik Anda akan
bertarung. Sebagian pengusaha memilih butik muslim
sebagai target market. Pilihan ini cukup cerdas mengingat setidaknya,
ada musim-musim tertentu dimana baju-baju muslim akan menjadi buruan,
seperti masa sebelum lebaran.
3. Berhubungan dengan nomor dua, Anda
harus memiliki desain yang istimewa yang cukup kuat untuk menarik banyak
calon pembeli. Calon pembeli harus memiliki pilihan yang istimewa.
Tanpa desain yang istimewa, butik Anda tidak akan ada bedanya dengan
butik lain.
4. Pertimbangkan kembali biaya produksi
butik Anda. Jika membuka butik biasa terlalu mahal, tidak ada salahnya
Anda mencoba membuka butik online. Cara ini akan
membantu Anda menghemat banyak biaya produksi seperti sewa tempat,
desain venue dan gaji penjaga. Jika Anda memutuskan berjualan dengan
butik online, pelajari terlebih dahulu banyak hal tentang butik online,
termasuk masalah SEO, pagerank dan lain-lainnya yang akan menentukan
‘terkenal’ tidaknya butik Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar